Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Kecil, Warga di Kecamatan Ciledug Diberdayakan dalam Perbaikan Jalan Lingkungan

0

JagadBanten.id – Pandemi Covid-19  yang berlangsung hampir 2 tahun menghantam berbagai bidang kehidupan manusia. Aktifitas pembangunan sempat terhenti hampir seluruh bidang karena kegiatan fokus untuk pencegahan penyakit tersebut.

Imbasnya ekonomi masyarakat terus menurun. Yang sangat dirasakan adalah masyarakat kecil di mana mata pencaharian mereka terputus.  Adapun yang bekerja kini banyak yang menganggur. Kondisi itu juga terjadi di masyarakat seluruh kelurahan di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang.

Banyak unit usaha kecil masyarakat yang gulung tikar terkait adanya pandemi Covid-19. Terutama lokasi usaha yang ada di pinggir-pinggir jalan lingkungan. Padahal usaha-usaha tersebut merupakan mata pencaharian utama keluarga.

Untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 itu maka Pemerintah Kota Tangerang kembali gencar membangun di berbagai bidang. Selain tetap melakukan pencegahan Covid-19.

Misalnya di delapan kelurahan di Kecamatan Ciledug dengan membuka kegiatan perbaikan jalan-jalan lingkungan. Kegiatannya difokuskan di wilayah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Ini supaya memberdayakan warga setempat yang kurang mampu sehingga ekonominya kembali bangkit.

Salah satu warga, Agus menyambut senang adanya program pemberdayaan masyarakat untuk tingkat kelurahan berupa ikut bekerja memperbaiki jalan yang diadakan Pemerintah Kota Tangerang melalui Bappeda.”Ini setidaknya akan cepat memulihkan ekonomi masyarakat akibat terpruk Covid-19,” katanya, Jumat 24 Desember 2021.

Agus berharap agar kegiatan pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan yang berupa partisipasi pembangunan ini supaya sering dilakukan. Ini selain untuk membangkitkan ekonomi masyarakat kecil juga untuk menyerap tenaga kerja.

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Kecil, Warga di Kecamatan Ciledug Diberdayakan dalam Perbaikan Jalan Lingkungan
Monitoring hasil perbaikan jalan di Kelurahan Parung Serab Kecamatan Ciledug oleh Kepala Bidang Perencanaan Pemerintah Bappeda Kota Tangerang Irna Rudiana dan Sekcam Ciledug Buchori.(ist)

 

Sementara di Kelurahan Parung Serab Kecamatan Ciledug kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Kidarkum dengan anggaran Rp 20 juta.

Lurah Parung Serab Ahmad Tribuana mengatakan, adanya program tersebut meningkatkan kualitas infrastruktur sekaligus meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya berharap bila kemampuan APBD memungkinkan maka volume kegiatan kebutuhan infrastruktur bisa ditambah.”Sehingga kesejahteraan dan penghasilan warga  juga semkain meningkat,” kata pria yang akrab disapa Abu ini.(Adv)

hut ri kel cipondoh
Loading...