BPK Wilayah VIII Fasilitasi Kegiatan Festival Kampung Budaya Silat Beksi 2023

0

JAKARTA, Jagadbanten.id – Lita Rahmiati selaku Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VIII (Jakarta, Banten) mengungkapkan bahwa Festival Kampung Budaya Silat Beksi ini sangat menghibur sekaligus menjadi panggung ekspresi para komunitas.

Apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara yang telah berhasil menampilkan karya-karya terbaik dari masyarakat Betawi. Mulai dari penampilan seni tradisi hingga kuliner khas Betawi.

“Semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya sebagai salah satu sarana untuk menambah pengetahuan anak-anak muda Indonesia mengenai tradisinya,” ungkapnya di sela pembukaan kegiatan Fasilitasi Komunitas Budaya Tahun 2023 pada Minggu, 19 November 2023 di Lapangan Parkir Taman Swadarma/RPTRA Bhinneka Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Senada dengan itu, Swedhi sebagai Tim Pantau BPK Wilayah VIII mengatakan bahwa secara umum kegiatan ini cukup menarik sebagai bukti kolaboratif antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan komunitas, khususnya Silat Beksi serta BPK Wilayah VIII (Jakarta, Banten).

Alhamdulillah, bukti kolaborasi alamiah tersebut telah dituangkan dengan bentuk atraksi budaya yang Insya Allah akan terus berlanjut dengan secara alamiah dan spontanitas komunitas silat Betawi kemudian juga dalam pertunjukan atraksi budaya sambil menikmati kuliner Betawi.

“Semoga kedepan kegiatan ini dapat terus berlanjut serta lebih banyak lagi melibatkan stakeholder-stakeholder khusus di bidang budaya Betawi,” tuturnya.

BPK Wilayah VIII Fasilitasi Kegiatan Festival Kampung Budaya Silat Beksi 2023
Para tokoh dan sesepuh Kampung Silat Beksi Petukangan di acara festival Kampung Budaya Silat Beksi 2023.(ist)

Disamping itu, H. Naupal Haryawan selaku panitia penyelenggara dan sekaligus Ketua Umum Yayasan Kampung Silat Petukangan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak terkait yang telah membantu moriil maupun materiil, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses dalam bentuk diskusi, apresiasi, atraksi budaya sambil menikmati kuliner Betawi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus terselenggara rutin setiap tahunnya dan dapat menjadi sarana wisata serta hiburan masyarakat sambil mengenalkan khazanah budaya Betawi yang ada di Jakarta umumnya dan Petukangan khususnya,” pungkasnya.(rls)

Loading...