Chikungunya Mengancam, Relawan PMI Assesment Lingkungan RW 06 Kelurahan Pinang

0 13

TANGERANG – Relawan PMI Kota Tangerang dibantu PMI Kecamatan Pinang melakukan assesment atau pendataan awal di wilayah RT 14 RW 06 Kelurahan Pinang,  Kecamatan Pinang, Senin (8/3/2020).

Assesment dilakukan sebagai prosedur sebelum melakukan fogging terkait banyaknya warga di RW 01 terjangkit penyakit yang memiliki kesamaan gejala penyakit Chikungunya. Diketahui RW 01 masih berdekatan dengan RW 06.

“Ada permintaan dari warga kepada Camat Pinang untuk dilakukan fogging, karena kuatir penyakit itu akan menyerang wilayah mereka,” kata Mumu Rohimu, Ketua PMI Kecamatan Pinang.

Menanggapi permintaan warga itu, PMI Kecamatan Pinang, kata Mumu, langsung berkoordinasi PMI Kota Tangerang dan langsung melakukan assesment tersebut. Asthy, Koordinator Pelayananan Kesehatan ( Yankes) PMI Kota Tangerang yang datang ke lokasi langsung mengumpulkan data  yang diperlukan.

“Ini merupakan prosedur yang harus dilakukan untuk melakukan fogging, hasilnya nanti akan dirapatkan bersama Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Tangerang untuk diputuskan bisa atau tidaknya dilakukan fogging,” jelasnya.

Dari assesment itu , dijelaskannya dilakukan pengumpulan data lingkungan seperti luas wilayah , jumlah rumah dan jumlah penduduk serta kesiapan warga untuk melakukan fogging. Sementara itu, terkait merebaknya penyakit yang gejalanya mirip  Chikungunya, Puskesmas Kunciran Baru, menyatakan  belum mendapat hasil laboratorium dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

“Belum ada hasil lab yang saya terima jadi belum bisa dipastikan jenis penyakit yang diderita warga di Kelurahan Pinang,” kata drg Ana Amelia, Kepala Puskesmas Kunciran Baru.

Pihak Kelurahan Pinang juga sudah menghimbau warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk menanggulangi penyakit yang diderita warga. “Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa tapi jentik nyamuknya tidak mati dan harus dilakukan pembersihan lingkungan,” tukas Muhidin, Lurah Pinang.(Andry)

Loading...