Emak Idep Diyakini Bakal Meminimalisir Kematian Bumil  

0 25

TANGERANG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang meluncurkan program Emak Idep yang merupakan kependekan dari Sistem Pemantauan Kehamilan Terintegrasi dan Terpadu. Program tersebut untuk meminimalisir angka kematian Bumil (Ibu Hamil) dan saat persalinan.

Program  baru itu  dilaunching Ketua TP PKK Kota  Tangerang Hj.  Aini Suci secara serentak di seluruh kecamatan se-Kota Tangerang  yang dipusatkan  di Puskesmas  Panunggangan,  Kecamatan Pinang, Jumat (8/2/2020).

“Program ini bertujuan  memantau  ibu hamil, mulai dari bulan pertama kehamilan  hingga persalinan sehingga kesehatannya tetap terjaga dengan baik, ” kata Hj Aini Suci.

Sehingga  melalui program  itu ibu hamil yang  terdata dipastikan mendapat pelayanan kesehatan yang sesuai. Dengan adanya pemantauan sejak awal itu juga,  kata Aini, akan memudahkan tenaga medis  yang menangani proses persalinan untuk melakukan tindakan  medis yang diperlukan.

“Dengan  pemantauan rutin itu, data rekam medis  ibu hamil tersedia  dengan lengkap yang  dapat dipergunakan oleh tenaga  medis yang menanganinya nanti, ” jelas Aini.

Sementara,  Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi mengatakan, program Emak Idep yang juga berarti “Ibu yang Mengerti” itu  akan dimulai dengan pendataan seluruh ibu hamil dari seluruh kelurahan melalui kader Srikandi yang berada di bawah naungan Forum  Peduli  Kesehatan Ibu dan Anak yang ada di setiap Kelurahan.

Data tersebut  kemudian akan menjadi panduan  pihak puskesmas  yang juga telah membentuk  tim medis pemantau lapangan untuk  meneriksa kesehatan  ibu hamil.

“Program ini merupakan  program lanjutan, seperti program  “SI JARI MANIS dan program lainnya yang telah lebih dulu ada dalam upaya  meminimalisir angka kematian  ibu hamil di Kota  Tangerang ” kata dr Liza.

Program itu  juga dikatakannya akan menggunakan  satu aplikasi  untuk menanpung, memantau dan mengirimkan data setiap ibu hamil yang ada dalam pemantauan program Emak Idep itu. (Andry)

Loading...