Hasbullah : Warga Jangan Takut Donor Darah Saat Pademi Covid-19

0 5

TANGERANG-Ketua PMI Kecamatan Benda Hasbullah mengajak masyarakat tidak takut mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) saat pandemi Covid-19.

“Jangan takut meskipun di masa Covid-19 dan jangan khawatir, justru saat ini bantuan darah lebih penting dibanding hari sebelumnya,” kata Hasbullah saat menghadiri acara donor darah yang digelar Tim Sibat PMI Kelurahan Benda, Minggu (12/7/2020).

Hasbullah menegaskan, PMI Kecamatan Benda beserta relawan akan terus berkontribusi menjaga ketersediaan darah di PMI Kota Tangerang karena permintaan stok darah yang tinggi.

Ia menyebutkan ketersediaan darah menurun karena pendonor berkurang akibat kekhawatiran saat pandemi Covid-19. Diungkapkannya, biasanya jumlah pedonor mencapai 500 orang per hari, namun ketika masa pandemi Covid-19 menjadi 50 hingga 100 orang per hari.

PMI Kecamatan Benda akan mensosialisasikan gerakan donor darah dirumah bareng keluarga atau di singkat DOBRAK untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mendonorkan darah di PMI. Dengan jumlah pendonor minimal 10 orang maksimal 20 orang PMI siap datang kerumah untuk melayani.

“Ketersediaan darah di PMI harus selalu terpenuhi sehingga membutuhkan dukungan dari semua komponen masyarakat untuk menjadi pendonor darah secara sukarela,” kata Hasbullah.

Ketua Tim Sibat PMI Kelurahan Benda, Abdul Rojak menuturkan kegiatan donor darah hari ini berlokasi di Posyandu Kelapa Indah 7, Kp. Jati Baru RW.07 Kelurahan Benda, Kecamatan Benda Kota Tangerang dan kegiatan ini juga dibantu para tokoh masyarakat, RT, RW, karang taruna, organisasi keagamaan, dan lainnya, kegiatan donor darah yang dimulai pada pukul 13.00 hingga pukul 17.00 WIB berhasil mengumpulkan 36 kantong darah.

“Kami harap sumbangan darah ini bisa membantu PMI Kota Tangerang dalam upaya menjalankan tugas kemanusian,” katanya.(rls/setia)

 

Loading...