Pandemi Covid-19, Anggota Koperasi di Kota Tangerang Banyak Ajukan Pinjaman

0 30

TANGERANG – Pandemi Covid-19 berdampak tersendatnya ekonomi anggota koperasi di Kota Tangerang. Sejak pandemi berlangsung banyak dari mereka yang meminjam dana daripada menyimpan atau menabung di koperasinya.

Pinjaman itu sangat dibutuhkan untuk  kebutuhan sehari-hari. Sementara yang mengajukan modal usaha sangat sedikit. Dengan kondisi seperti itu Pemerintah Kota Tangerang lewat Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah (Perindagkop) melakukan pembinaan dan pelatihan kepada mereka agar koperasinya tetap berkembang.

Kepada Bidang Pemberdayaan Koperasi pada Disperindagkop Kota Tangerang Kholil Kurniawan mengatakan, terkait Covid-19 koperasi di Kota Tangerang terkena dampak. Usaha-usaha anggota koperasi menjadi lesu dan banyak anggota yang mengajukan pinjaman ke koperasinya. “Dengan kondisi seperti ini maka koperasi jadi harapan mereka,” katanya, Rabu (12/8/2020).

Kholil mengatakan, pinjaman yang dimanfaatkan itu merupakan Simpanan Sukarela. Sementara untuk Simpanan Pokok dan Sipaman Wajib di koperasi tidak bisa diambil. Dana itu bisa diambil setelah keluar dari anggota koperasi tersebut. Untuk simpanan di setiap koperasi di Kota Tangerang berbeda-beda.

Ia menegaskan, agar koperasi berkembang dan mempunyai daya saing Disperindagkop Kota Tangerang mendorong digitalisasi koperasi. Lewat program itu pengurus dan anggota koperasi harus mampu mengelola dan bisa transparan soal koperasi. “Karena koperasi itu rawan konflik. Biasanya dimulai dari laporan yang dibuat manual,” katanya.

Ia mengharapkan, agar koperasi memiliki banyak usaha. Tidak hanya usaha simpan pinjam. Tapi ada usaha jasa, produksi, dan membangun kemitraan dengan usaha lain. Dengan melakukan kemitraan maka usaha bakal meningkat.

Sebagai informasi sampai saat ini jumlah koperasi di Kota Tangerang ada 425 koperasi. Sementara yang aktif ada 286 koperasi. Dari jumlah tersebut sebanyak 94 koperasi kelurahan. Sekitar beberapa koperasi saja yang sudah melakukan digitalisasi koperasi.(setia)  

Loading...