Pengangguran di Kota Tangerang Diklaim Menurun

0 42

TANGERANG-Pengangguran di Kota Tangerang menurun dalam tiga tahun terakhir. Menurunnya pengangguran karena Pemerintah Kota Tangerang melalu Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker ) melakukan berbagai upaya itu.

Adapun prosentasi angka penurunan pengangguran dari tahun 2017 sampai 2019 adalah  untuk tahun 2019 sebanyak 79.000 orang dengan prosentase 7,13 persen. Tahun 2018 sebanyak 78.000 orang dengan prosentase 7,41 persen, dan tahun 2017 sebanyak 75.000 orang dengan prosentase 7,61 persen.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Tenaga Kerja pada Disnaker Kota Tangerang Iing Riskomar mengatakan, untuk angkatan kerja tiap tahun memang meningkat di Kota Tangerang. Ini lantaran bertambah  jumlah penduduk dan terus muncul sektor-sektor ekonomi baru. “Kota Tangerang akhirnya terus jadi magnet para pencaker (pencari kerja),” katanya, Kamis (30/1/2020).

Iing mengatakan, terus banyaknya para pencaker namun pemerintah setempat tetap berusaha menurunkan angka pengangguran. Terutama untuk warga Kota Tangerang. Sehingga prosentase angka pengangguran menurun setiap tahun.

Beberapa upaya mengurangi pengangguran itu melakukan penempatan kerja yang disasar lewat pencaker atau pembuatan kartu kuning. Tahun 2019 dari jumlah 15.402 pencaker yang sudah ditempatkan sebanyak 9.400 orang.

Menggelar job fair di 13 kecamatan dan perekrutan tenaga kerja lewat portal Disnaker. Lewat upaya ini berhasil menempatkan pencaker 50 bahkan 70 persen.

Kemudian melakukan kemitraan dengan BKK (Bursa Kerja Khusus) yang ada di setiap SMK. Disnaker mendorong bagi sekolah yang sudah memiliki BKK supaya membuat kemitraan dengan perusahaan. Saat ini ada 61 BKK. “Lewat optimalisasi BKK ternyata mampu mengurangi angka pengangguran lulusan SMK,” katanya.

Iing menjelaskan, lewat BKK sendiri bisa menempatkan para alumninya di perusahaan-perusahaan. Bahkan BKK sudah bisa menggelar job fair. Sehingga informasi pekerjaan dan penempatan kerja tambah banyak.

Upaya lain memaksimalkan peran BLK (Balai Latihan Kerja). Wadah ini tidak hanya melatih wirausaha baru tetapi juga menyalurkan para alumninya. (wanbo)

Loading...