HUT Kota tangerang

PNM Gelar Pelatihan Bertema Facebook Marketing untuk UMKM

0
TANGERANG – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggelar pelatihan klasterisasi teritorial untuk nasabah di delapan cabang seperti Cirebon, Indramayu, Magelang, Yogyakarta, Subang, Tasikmalaya, Depok, dan Tangerang.

 

Pelatihan bertajuk “Facebook Marketing untuk UMKM” ini dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana video conference, Zoom Meeting pada Rabu (20/10).

 

Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), Rizky Wisnoentoro mengungkapkan, di balik kesulitan akibat adanya pandemi Covid-19 terdapat kemudahan. “Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini kita tetap harus bergerak dengan berpedoman pada 3 pilar: tetap lincah, beradaptasi dengan keadaan, dan berjejaring (bersilaturahmi),” katanya
Img 20201021 Wa0016
Kadiv PKU Rizky Wisnoentoro memaparkan materinya kepada seluruh peserta meeting zoom.(ist)

 

Ditambahkan, di balik kesulitan karena covid, salah satu kemudahannya adalah dengan belajar teknologi.Terutama memanfaatkan teknologi online untuk meningkatkan kapasitas usaha.
Berjualan melalui Facebook adalah salah satu yang paling mungkin untuk dilakukan.
Di dunia penggunanya sudah mencapai 2,7 milyar dan di Indonesia sendiri sudah 140 juta pengguna, yang berarti lebih dari separuh penduduk Indonesia.
Potensi untuk berjualan, ataupun saling melengkapi antar nasabah  lintas kota, dan membentuk ekosistem, menjadi mungkin untuk dilakukan.
HUT Kota Tangerang-
Di tengah pandemi, PNM tetap memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan secara reguler serta pelatihan klaster yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha.
Kegiatan pelatihan yang dilakukan ini merupakan salah satu pelatihan klaster yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada nasabah binaan bahwa teknologi dan pemasaran sangat diperlukan dalam mendukung kemajuan usaha nasabah terutama untuk situasi kini.
Turut hadir sebagai narasumber inspiratif, Ujang Rusdianto pemilik Kasa 1 Indonesia, produsen pakaian siap pakai untuk anak-anak berbagai usia yang sudah berhasil memasuki pasar tujuh negara di Asia Tenggara.
Img 20201021 Wa0017
Nara sumber Ujang Rusdianto memaparkan materinya saat meeting zoom.(ist)

 

Pada kesempatan ini Ujang menyampaikan berbagai cara efektif untuk memulai pemasaran online melalui media sosial Facebook. Selain untuk memperluas pemasaran, marketing melalui media sosial juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan produk dan mempermudah mendapatkan feedback secara langsung dari target pasar untuk perkembangan usaha di masa depan.
Per September 2020 PNM telah menyalurkan Rp 15,302 triliun untuk PNM Mekaar dan Rp 1,455 triliun untuk ULaMM, dengan total outstanding sebesar Rp 19,330 triliun. Jumlah nasabah PNM Mekaar dan ULaMM mencapai 6.880.028. Saat ini PNM memiliki lebih dari 3.000 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 427 Kabupaten/Kota, dan 4.290 Kecamatan.(rls/setia)

 

HUT Kota Tangerang Perumda pasar
Loading...