SDN Gondrong 03 Cipondoh Terus Kampanyekan Program Adiwiyata di Tengah Covid-19

0 98

TANGERANG – SDN Gondrong 03 Cipondoh Kota Tangerang terus mengkampanyekan program Adiwiyata di tengah kondisi Covid-19.Kegiatan itu diikuti antusias civitas sekolah baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masing-masing siswa.

Salah satu kampanye program tersebut pembuatan hand sanitizer dari bahan rebusan air Sirih. Hasil produksinya dimanfaatkan di sekolah dan lingkungan sekolah setiap siswa.

Air bekas rebusan daun Sirih yang dimanfaatkan sebagai hand sanitizer diyakini bisa menangkal berbagai virus. Salah satunya virus Covid-19. Dengan diketahui manfaat obat itu banyak orangtua siswa menanam tanaman itu di rumahnya.

Kampanye program Adiwiyata juga dilakukan pada pagar dan dinding sekolah dengan memasang spanduk berisi tulisan imbauan hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara bagi para siswa dengan mempraktikan di rumah masing-masing. Misalnya memilah-milah sampah dan membuang sampah pada tempatnya. Ini juga dilaporkan mereka ke wali kelas masing-masing lewat belajar daring atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

SDN Gondrong 03 dalam mendukung program Adiwiyata sudah memiliki TOS (Tanaman Obat Sekolah). Di lahan TOS terdapat tanaman Binahong, pohon Saga, Kunyit, tanaman Sirih Merah dan Hijau. Kemudian ada Green House yang merupakan lokasi pembibitan dan perawatan tanaman. Di antaranya seperti Aglonema dan Pucuk Merah.

Penggiat Adiwiyata SDN Gondrong 03 Harun S.Pd mengatakan, kendati Covid-19 program Adiwiyata tetap dilakukan di sekolah ini dan para siswa diimbau untuk mempraktikan di lingkungan masing-masing. “Tujuannya lingkungan bersih dan hidup sehat tetap terjaga,” katanya, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, fasilitas prasarana untuk mendukung Adiwiyata di sekolah telah ada biopori, bank sampah, taman sekolah, kolam ikan, penghijauan, kebun sekolah dan TOS.

sirih praktik
Guru dan siswa SDN Gondrong 03 sedang membuat Hand Sanitizer dari bahan rebusan air daun Sirih.(ist)

Kepala SDN Gondrong 03 Hj.Tuti Alawiyah S.Pd menambahkan dengan melaksanakan Adiwiyata lingkungan sekolah menjadi tertata, rapih dan bersih.

Menurutnya, civitas sekolah diimbau agar kegiatan Adiwiyata juga dilakukan di lingkungan masing-masing.Sementara bagi para siswa kegiatan terkait Adiwiyata terus dipantau lewat belajar daring.

Tuti juga mengharapkan Covid-19 bisa cepat berlalu. Sehingga anak-anak bisa belajar normal atau tatap muka di sekolah.”Kami yakin bila Adiwiyata serius dilaksankan berbagi penyakit akan hilang. Termasuk penyakit Covid-19 ini,” ujarnya.

praktik sirih seken
Guru dan siswa SDN Gondrong 03 memperlihatkan Hand Sanitizer karya sekolah tersebut.(ist)

Sebagai informasi sekolah yang berada di Jalan Kavling DPR RI RT 03 01 Kelurahan Kenanga Cipondoh Kota Tangerang ini merupakan Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri. Pihak SDN Gondrong 03 terus memaksimalkan program Adiwiyata sampai berhasil.(setia)

 

hut ri kel cipondoh
Loading...