UNIS Dorong Mahasiswa Miliki Mental Wirausaha 

0 28

TANGERANG-Lulus sarjana tidak menjamin memiliki pekerjaan.Karena itu  Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang menyiapkan mahasiswanya agar memiliki mental wirausaha.

Komitmen itu dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Administrasi Negara pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unis. Lewat mata kuliah Kewirausahaan mahasiswa dikenalkan langsung kepada pelaku UMKM dan kalangan industri.

Dosen mata kuliah Kewirausahaan Unis Hilman mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 mahasiswa jangan putus semangat. Namun harus beradaptasi dengan memiliki kreatifitas dalam bentuk wirausaha.”Kurikulum yang dipelajari harus dipraktikan,” katanya,  saat ditemui di kampus Unis, Jumat (4/9/2020).

Hilman menegaskan Unis terus mendorong mahasiswa memiliki jiwa wirausaha. Sebab itu bekerjasama dengan para pelaku UMKM dan kalangan industri.

Kepala Prodi Administrasi Negara Unis Irvan Arif Kurniawan mengatakan, mahasiswa di kampusnya dibentuk karakter yang penuh inovasi. Tidak mudah menyerah dan selalu tetap semangat. “Mata kuliah Kewirausahaan ini tidak hanya di kampus tapi bisa dipraktikan, dan bekerjasama dinas-dinas tekait,” katanya

Menurutnya, mata kuliah ini merupakan keharusan kampusnya untuk membangun mental kewirausahaan para mahasiswa.

Kata Irvan, mahasiswa setelah lulus tidak melulu jadi PNS atau bekerja di pemerintahan. Tetapi harus bisa menciptakan lapangan kerja sesuai bidang masing-masing. Bagi yang di birokrasi bisa mewirausaha birokrasi tersebut atau melakukan problem solving.

Mahasiswa yang baik tidak hanya mempelajari program studi masing-masing. Tetapi harus siap pakai di tengah masyarakat. Demikian kata Warek lll Unis Suhaya. Dirinya yang juga selaku dosen mata kuliah Kewirausahaan mendorong mahasiswa untuk bermental wirausaha atau entreupreneur.

Fisip Irvan
Kepala Prodi Administrasi Negara FISIP UNIS Irvan Arif Kurniawan diwawancarai awak media.(ist)

Suhaya turut prihatin banyak sarjana menganggur. Karena itu di Unis saat mahasiswa mereka didorong untuk memiliki mental wirausaha.Tak sekedar diajarkan teori tapi juga praktik.

Untuk menambah keyakinan mahasiswa di sini maka diadakan kerjasama serta diundang para pelaku UMKM dan kalangan industri. Unis sendiri terus mencetak mahasiswa untuk menjadi wirausahawan.(setia)

Loading...