Warga Cipadu Jaya Antusias Ikuti Pelatihan Pembibitan Sayur dan Ikan 

0 140
TANGERANG – Puluhan warga Kelurahan Cipadu Jaya Kecamatan Larangan Kota Tangerang antusias mengikuti Pelatihan Pembibitan Tanaman Sayur dan Ikan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang.
Kegiatan yang dilaksanakan di lokasi KWT(Kelompok Wanita Tani) Kampung Jahe lingkungan RW 07 itu dilakukan selama 2 hari, Kamis (26/11/2020) dan Jumat.

 

Hari pertama dengan pemberian materi dan hari kedua langsung praktik pembibitan.Selaku nara sumber Asmiyati Bambang dari DKP Kota Tangerang. Warga yang berasal dari masing-masing RW sangat penasaran dan banyak bertanya soal pembibitan tanaman yang benar.
Sebelum soal pembibitan, Asmiyati Bambang menjelaskan soal keberadaan sampah yang masih dianggap bermasalah oleh lingkungan masing-masing. Hal ini jadi saling lempar tanggungjawab dan pengurus RT/RW kerap jadi sasaran.”Seharusnya disadari soal sampah tanggungjawab kita bersama,” katanya.
Asmiyati mengungkapkan, banyak cara untuk mengurangi volume sampah. Bahkan sampah yang dikelola selain berkurang volumenya akan jadi lebih bermanfaat.
Misalnya sampah itu bisa diolah jadi pupuk padat dan pupuk cair. Bahannya berasal dari sisa sayuran atau dedaunan. Disini diolah jadi kompos dan ecoenzim atau pupuk cair.”Pupuk ini bisa dibuat dengan mudah dan kembali bermanfaat,” ujarnya.
Asmiyati mengharapkan agar setiap rumah melakukan kegiatan komposter. Sampah yang ada bisa dimanfaatkan menjadi pupuk organik.Sehingga program mengurangi volume sampah akan tercapai.
Asmiyati kemudian menerangkan cara pembibitan tanaman sayuran yang baik. Sehingga hasil tanamannya baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.Tanaman yang sehat dan bergizi dapat membantu imun tubuh.

 

Lurah Cipadu Jaya Suryadi Domo mengatakan adanya kegiatan ini untuk meningkatkan semangat kepada warga. Mereka bakal tambah peduli terhadap lingkungan.”Ini karena sudah mendapatkan ilmunya,” katanya

 

Suryadi berharap agar warga serius mengikuti pelatihan dan mempraktikan di rumah masing-masing.Dirinya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tangerang karena dapat memberikan pelatihan seperti ini.
Img20201126101427
Foto bersama warga Cipadu Jaya denngan aparat kelurahan dan pemberi materi pelatihan pembibitan tanaman sayur dan ikan di KWT Kampung Jahe.(setia)

 

Sementara, Ketua RW 07 Sudjono merasa senang wilayahnya jadi pusat pelatihan pembibitan tanaman sayuran dan ikan. Hal ini akan menambah semangat warga menekuni ketahanan pangan.”Kami harap pelatihan yang diberikan tetap berlanjut nanti.Karena di sini banyak warga yang semangat dan aktif di tanaman,”katanya.(setia)
fkdm larangan ads
kel poris plawad utara ads
Loading...