Warga Cipondoh Kena DBD, Puskesmas Langsung Fogging Lingkungan

0 67

TANGERANG-Sebanyak 2 warga Kelurahan Cipondoh Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kedua orang itu tinggal di RT 04/08 dan RT 06/10. Karena kondisinya memburuk maka dilarikan ke RSUD Kota Tangerang dan MMC Cipondoh. Hasil pemeriksaan lab kedua rumah sakit warga tersebut positif DBD.

Atas kasus itu Puskesmas Cipondoh langsung melakukan fogging di wilayah warga yang terkena DBD. Fogging dilakukan di halaman, saluran air, rumah kosong, dan di dalam rumah-rumah warga.

Sebelumnya petugas Puskesmas Cipondoh melakukan pengecekan di lingkungan warga yang terkena DBD. Hasilnya ditemukan jentik-jentik nyamuk DBD. Jentik ditemukan di bawah air dispenser, ban bekas, dan botol aqua bekas. “Inilah yang jadi penyebab warga kena DBD,” kata Raissa Nuri Handayani, Penanggungjawab Progarm Kesehatan Lingkungan Puskesmas Cipondoh, Minggu (23/8/2020).

Ia mengharapkan warga agar rutin kerjabakti membersihkan lingkungan yang kotor. Karena lingkungan kotor seperti banyaknya barang-barang bekas yang bisa menampung air merupakan sumber berkembangbiak nyamuk DBD.

Ia juga meminta warga agar rutin membersihkan bak mandi, air di bawah tempat dispenser, dan tempat-tempat yang kerap dijadikan penampungan air.

Ketua RT 04/08 Romli mengucapkan terimakasih ke pihak puskesmas yang telah melakukan fogging di wilayahnya. Kepada seluruh warga yang telah bekerjabakti membersihkan lingkungan. “Saya ucapkan terimakasih atas partisipasinya,” katanya.

Img 20200823 Wa0013
Petugas Puskesmas melakukan fogging di lingkungan RT 04/08 Kelurahan Cipondoh Kota Tangerang.(ist)

Sementara, Ketua RW 08 Ahmad Sugandi mengimbau agar warga melakukan kerjabakti membersihkan lingkungan secara rutin. Tidak hanya karena ada kasus DBD saja. “Karena lingkungan kotor banyak menimbulkan berbagai penyakit,” ujarnya.(setia)

Loading...