Arief Yakin Banjir di Periuk Surut Pekan Ini

0 12

TANGERANG – Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah yakin banjir yang melanda beberapa lokasi pemukiman  di Kecamatan Periuk yang saat ini masih melanda di 6 lokasi akan surut sepenuhnya pekan ini.

Pernyataan  itu  disampaikan dalam jumpa pers yang diadakan di Plaza Puspem Kota Tangerang, Kamis (6/2/2020). “Paling cepat besok Jumat atau paling lambat hari Minggu banjir akan surut,” katanya.

Keyakinan walikota didasari kondisi terakhir ketinggian air hingga Kamis sore dan juga upaya Pemkot Tangerang yang mengaktifkan seluruh  pompa penyedot air.

Sebelumnya, kata Arief, Pemkot Tangerang telah melakukan  berbagai upaya untuk mengatasi banjir  di wilayah Kecamatan Periuk. Terbukti, sejak tahun 2014 silam wilayah yang sebelumnya mengalami banjir setiap tahun sudah tak banjir lagi.

“Kalau yang sekarang dan di awal bulan Januari kemaren itu disebabkan faktor alam dengan curah hujan yang luar biasa karena wilayah yang sebelumnya tidak banjir, sekarang banjir juga,” ujarnya

Upaya lainnya yang pernah dilakukan  dengan rencana relokasi warga dan Pemkot Tangerang siap membeli rumah warga.

Sayangnya saat itu pemilik rumah  menolak rencana itu dengan berbagai alasan. Sehingga Pemkot Tangerang akhirnya membangun turab yang waktu itu biayanya lebih mahal  dibanding  merelokasi warga.

Selain itu,  terang orang nomor satu di Kota Tangerang  itu pihaknya telah berkoordinasi  dengan  Kabupaten Tangerang serta  Pemprov Banten  untuk mengatasi masalah banjir  secara bersama – sama.

“Saya sudah berkirim surat pada pak Gubernur untuk melakukan  pengerukan situ-situ yang ada di Kota Tangerang  yang memang kewenangan Pemprov Banten,” jelas Arief lagi.

Meskipun banjir diyakini segera surut,  tapi walikota  mengatakan pihaknya tetap mewaspadai  curah hujan yang diperkirakan  tetap tinggi hingga bulan Maret mendatang. Kesiapan dari segi logistik dan obat-obatan, juga dikatakannya dalam jumlah yang cukup aman.

Sementara itu peran serta masyarakat, khususnya yang bermukim di dekat  aliran sungai juga sangat diharapkan untuk mengantisipasi  banjir di wilayahnya.

“Warga juga saya himbau untuk  memeriksa kondisi tanggul,  bila ada yang bocor segera laporkan.,” tegas walikota.

Walikora menegaskan, bahwa Pemkot Tangerang  tetap memberikan perhatian kepada warga korban banjir  dan juga berbuat semaksimal mengatasi banjir. Termasuk akan memanggil pihak pengembang  Perumahan Garden City untuk melaksanakan  proses Amdal yang telah ditentukan. (Andry)

Loading...