Kesehatan Hewan Kurban Mulai Dimonitoring

0 29

TANGERANG–Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang gencar memonitoring kesehatan hewan kurban. Monitoring hewan kurban dilakukan sejumlah peternak di Kota Tangerang, Senin (22/6/2020).

Kepala Bidang Pertanian DKP Kota Tangerang, drh Ibnu Ariefyanto mengatakan, kegiatan monitoring ini sebenarnya sudah dilakukan sejak dua bulan lalu. Dalam monitoring DPK menerjunkan pihak yang ahli dalam kesehatan hewan.

“Sudah satu bulan ini hingga sebulan ke depan, DKP turunkan puluhan dokter hewan dan petugas lapangan untuk mengecek kesehatan dan kelayakan hewan, yang akan disembilih pada Idul Adha nanti,” ungkap Ibnu Ariefyanto.  Ia menuturkan, dalam pengecekan kesehatan para dokter dan petugas memastikan kesehatan gigi, hidung, mata dan bobot tubuh yang wajar. Selain itu, pihaknya juga memberikan vaksin hewan.

“Tak hanya itu, kami juga menyuntikan vaksin dan vitamin. Sehingga, saat penyembelihan nanti, hewan-hewan kondisi sehat dan daging layak konsumsi,” katanya.

Kata Ibnu, dua minggu jelang Idul Adha nanti, DKP akan turun ke lapak-lapak penjualan hewan kurban. Memastikan hewan ternak jenis sapi dan kambing dari luar, yang masuk ke Kota Tangerang dalam keadaan sehat, dan dagingnya layak konsumsi.  “Tak hanya kandang peternak, lapak penjual nantinya juga akan diberikan logo aman oleh DKP. Sebagai tanda, peternakan dan kandang tersebut aman dan sudah dibawah pengawasan DKP,” jelas Ibnu.

Hewan Kurban
Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Kepala Bidang Pertanian drh Ibnu Ariefyanto memeriksa kesehatan hewan kurban.(Nuno)

Sementara, para peternak mengaku enam bulan sebelum Idul Adha, pemeliharaan hewan lebih intens. Baik asupan maupun fokus pada peningkatan bobot tubuh.  “Saya selalu berkoordinasi dengan DKP setiap minggunya. Alhamdulillah Pemerintah selalu membantu, kemarin sempet ada yang tanda-tanda sakit, petugas DKP langsung datang dan mengobati hewan kami,” kata Yusuf, salah seorang peternak.(Nuno/Setia)

Loading...