KOPNAS RI Gandeng UMKM Kembangkan Usaha 

0 90

TANGERANG-Koperasi Nasional (KOPNAS) RI bakal menggandeng usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.

Hal itu mengemuka saat digelar silaturahim dan diskusi Bina Ekonomi Sosial Terpadu (BEST) Bisnis di masa dan pasca Covid-19 oleh KOPNAS RI di KOAPGI Residence Teluknaga Kabupaten Tangerang, Sabtu (13/6/2020).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua KOPNAS RI Sopyan Iskandar dan para pelaku UMKM. Kegiatan pertemuan yang tetap menerapkan protokoler kesehatan itu diikuti antusias peserta.

Ketua KOPNAS RI Sopyan Iskandar mengatakan, pihaknya akan menggandeng para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Kerjasama dilakukan seperti konsultasi bisnis sampai membantu pemasaran. “Kami juga membuka UMKM lain untuk bergabung,”katanya.

Terkait Covid-19 ini, kata Sopyan, usaha yang dilakukan bisa apa saja. Karena saat Covid-19 ada juga usaha yang lagi naik dan menjadi peluang.Tapi kalau mau menjalani usaha yang tidak mau modal bisa sebagai mediator atau marketing.

Ketua Dekopinda Kota Tangerang ini menyarankan bagi yang sudah punya usaha lebih baik fokus di usahanya. Dengan fokus akan mendapat hasil lebih baik. Itu karena sudah memiliki pengalaman dan lainnya.

Digandengnya UMKM oleh KOPNAS RI disambut gembira peserta yang hadir. Misalnya pemilik usaha minuman herbal Iyoh Rohati. Rohati mengaku usaha herbalnya cukup direspon masyarakat sejak ada Covid-19 ini. “Padahal usaha saya belum lama,”katanya.

Dirinya optimistis usaha herbalnya meningkat. Apalagi nanti dibantu soal pemasaran dan lainnya oleh KOPNAS RI. Selama ini memang pemasaran yang dilakukan terbatas.

Kopnas
Kegiatan silaturahim dan diskusi BEST Bisnis di masa dan pasca Covid-19 oleh KOPNAS RI di KOAPGI Residence Teluknaga Kabupaten Tangerang.(setia)

Hal yang sama diungkapkan Herman, owner SayurSegar17Store. Menurutnya, kendati usahanya masih dengan cara konvensional namun permintaan pasar tinggi. Pihaknya saat ini sedang menyiapkan aplikasi untuk penjualan online.”Semoga dengan bergabung di KOPNAS RI kami tambah maju,” katanya.(setia)

 

Loading...