Lurah Yudi Apresiasi Warga RW 06 Kunciran Indah Kelola KWT Sumber Makmur

0 134

TANGERANG – Kekompakan warga RW 06 Perumahan Kunciran Mas Permai Kelurahan Kunciran Indah Kecamatan Pinang Kota Tangerang dalam mengelola lahan KWT (Kelompok Wanita Tani) Sumber Makmur mendapat apresiasi lurah setempat.

Dengan kekompakan itu lahan KWT terus berkembang. Lahan yang berada di RT 02 dan RT 07 wilayah RW 06 itu kini memiliki lima tanaman unggulan. Kelima tanaman itu tanaman Terong, Cabai, Tomat, Bayam, dan Kangkung.

Lokasi KWT yang memanfaatkan lahan fasos/fasum di Perumahan Kunciran Mas Permai itu telah berdiri tiga bulan lalu. Warga secara swadaya melakukan pengelolaan. Kemudian didukung kelurahan setempat.

Lurah Kunciran Indah Yudi Permana mengucapkan terimakasih kepada warga dan pengurus RT/RW 06 yang tetap semangat menjalankan KWT dalam rangka program ketahanan pangan. “Saya ucapkan terimakasih terutama kaum ibu di KWT yang tetap semangat,” katanya, saat menghadiri pelatihan pembibitan tanaman oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang di lokasi KWT Sumber Makmur di RT 02/06 Kunciran Mas Permai Kelurahan Kunciran Indah, Sabtu (26/12/2020).

Yudi mengatakan, KWT Sumber Makmur di RW 06 ini agar jadi contoh bagi RW lainnya. Kemudian setiap keluarga agar melaksanakan program ini dengan menanam tanaman di rumah masing-masing.

Ia menegaskan bahwa KWT ini harus tetap berjalan. Kegiatannya bukan karena hanya ada lomba-lomba atau lainnya. Karena tujuan pembentukan KWT yang dicanangkan Pemerintah Kota Tangerang untuk ketahanan pangan di masyarakat. Apalagi di tengah pandemi ini dibutuhkan kreatifitas-kreatifitas seperti yang terwujud dalam KWT ini.

Riris Seken
Kaum ibu di KWT Sumber Makmur di RW 06 langsung praktik penanaman tanaman.(setia)

Ketua RW 06 Sri Budiyanto mengaku gembira adanya pelatihan dan cara penanaman tanaman dari dinas terkait untuk warga. Ini akan menambah semangat warga khususnya kaum ibu di KWT Sumber Makmur dalam menjalankan program ini. “Kami berharap programnya tetap berlanjut,” katanya.

Senada dengan Endang Solehudin, Ketua RT 02/06. Menurutnya, selain warga tambah semangat dukungan terus diberikan oleh pemerintah setempat. Baik dalam bentuk pembinaan atau bantuan bibit. “Lewat program ini juga masyarakat kami terus kompak dan guyub dalam setiap kegiatan,” terangnya.

Sementara, Riris, instruktur pelatihan tanaman dari DKP Kota Tangerang mengatakan, dibutuhkan pemahaman yang benar dalam memelihara tanaman. Ini supaya hasilnya memuaskan. “Selain itu tentunya kesabaran,” katanya.

Riris Seken Dua
Foto bersama Lurah Yudi Permana, Bhabinkamtibmas, pengurus RT/RW 06, kaum ibu di KWT Sumber Makmur, dengan Riris dari DKP Kota Tangerang sebelum ke lokasi KWT.(setia)

Dalam kesempatan itu peserta yang mengikuti pelatihan tanaman mendapatkan bibit-bibit tanaman dan media tanam. Bantuan tersebut untuk dimanfaatkan di KWT dan di rumah masing-masing.(setia)

fkdm larangan ads
kel poris plawad utara ads
Loading...