Pandemi Covid-19, HPI Diminta Bangkitkan Pariwisata Kota Tangerang

0 39

TANGERANG – Pandemi Covid-19 menghantam seluruh bidang. Tidak terkecuali sektor pariwisata di Kota Tangerang. Keberadaan HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) agar membangkitkan sektor tersebut seiring kasus pandemi mulai mereda.

Demikian hal itu mengemuka saat Musyawarah Cabang, Pelantikan sekaligus Rapat Kerja 1 DPC HPI Kota Tangerang 2021-2025 di komplek Sekolah Tiara Aksara di Sangiang Kecamatan Periuk, Sabtu 16 Oktober 2021.

Di Kota Tangerang banyak lokasi pariwisata. Hampir di setiap kecamatan ada. Misalnya di Kecamatan Periuk ada Masjid Pintu Seribu yang sudah cukup populer. Namun sejak pandemi terkena imbasnya.”Saya harap HPI Kota Tangerang bisa membangkitkan kembali lokasi pariwisata itu,” kata Maryono Hasan, Camat Periuk, saat memberikan sambutan di acara tersebut.

Maryono mengungkapkan bahwa di Kota Tangerang masih banyak potensi pariwisata yang harus digali HPI. Supaya pariwisatanya bangkit maka HPI harus bersinergi dengan berbagai pihak. Baik itu Pemerintah Kota Tangerang dan unsur swasta.

Kabid Pariwisata pada Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Tangerang, Adrial Karimi, menyambut gembira kehadiran HPI Kota Tangerang. Menurutnya kehadiran HPI akan membangkitkan sektor pariwisata Kota Tangerang. Sementara lokasi pariwisata di sini sangat banyak. Karena itu butuh dukungan dan pemulihan. ”Jadi HPI tak terpisahkan dengan pariwisata dan agar berperan,” katanya.

Terbentuknya HPI Kota Tangerang agar menjadi pionir di Tangerang raya. Mereka yang tergabung di HPI itu di antaranya para pencinta alam, penggiat pariwisata, dan penghobi pariwisata. Sebelumnya HPI Banten telah mendorong setiap daerah ada perwakilan. Lantaran pandemi maka pembentukan sempat terhambat. “Namun kini sudah ada kepengurusan di 5 kabupaten/kota di Banten,” kata Sumanta Wirya, Ketua Bidang Organisasi DPD HPI Banten.

Sumanta mengharapkan lewat HPI ini agar Kota Tangerang menjadi transit dan tujuan wisata kembali. Selain itu menjadikan masyarakat sadar wisata dan menjadikan pengunjung nyaman berwisata. Dirinya berharap setiap cabang HPI mendukung Desa Wisata karena Provinsi Banten sudah masuk 50 besar Desa Wisata di tingkat nasional.

Pandemi Covid-19, HPI Diminta Bangkitkan Pariwisata Kota Tangerang
Kegiatan Muscab dan raker, dan pelantikan 1 DPC HPI Kota Tangerang.(is)

Sementara, Calon Ketua DPC HPI Kota Tangerang Sigit W menyambut senang dibentuknya HPI tingkat Kota Tangerang. Bila terpilih dirinya siap memajukan sektor pariwisata lewat wadah ini. “Saya punya program 5 jam berwisata di Kota Tangerang bagi pengunjung,” katanya.(iws)

hut ri kel cipondoh
Loading...