PT PNM Kukuhkan Klasterisasi Teritorial Online di-8 Cabang UlaMM

0 13
TANGERANG– PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggelar pelatihan sekaligus pengukuhan klasterisasi teritorial untuk nasabah di delapan cabang yakni Cirebon, Indramayu, Magelang, Yogyakarta, Subang, Tasikmalaya, Depok, dan Tangerang, di Tangsel.

 

Pelatihan bertajuk “Inklusi Keuangan Untuk Pengembangan Usaha UMKM Indonesia” ini dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana video conference, Zoom Meeting, pada Rabu (16/12/2020).

 

Kegiatan pelatihan yang dilakukan ini merupakan salah satu pelatihan klaster yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada nasabah binaan tentang inklusi keuangan yang memang diperlukan dalam mendukung kemajuan usaha UMKM Indonesia, terutama nasabah PNM untuk situasi sulit di era pandemi saat ini.

 

Pelatihan ini menghadirkan nara sumber Komala Dewi, mantan Pemeriksa Bank Senior pada Bank Indonesia.Dalam pemaparannya, wanita paruh baya yang kini berprofesi motivator dan pengusaha catering itu mengajak seluruh nasabah dan PNM agar mengikuti perubahan dan perkembangan jaman

 

Kata dia, di antaranya dengan mengenal berbagai macam alat pembayaran baru atau yang lebih dikenal uang digital. Perkembangan jaman yang serba pesat dan cepat, menurut Komala menjadi tantangan sekaligus peluang baru bagi para pelaku UMKM untuk memaksa lebih kreatif dan Inovatif dalam hal produksi dan distribusi.”Di sinilah justru tantangan peluangnya untuk jadi maju,” katanya.

 

Ia mengharapkan, para pelaku UMKM jangan putus asa menjalani usahanya di tengah situasi pandemi.Karena kondisi inilah yang menempa pelaku usaha menjadi usahawan yang sejati dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Img 20201226 Wa0029
Para pelaku UMKM mengikuti pelatihan sekaligus dikukuhkan Klasterisasi Teritorial Online oleh PT PNM
Hadir sebagai peserta ratusan nasabah ULaMM cabang Depok, Indramayu, Yogyakarta, Subang, Cirebon, Tangerang, Tasikmalaya, dan Magelang. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.(rls/setia)
fkdm larangan ads
kel poris plawad utara ads
Loading...