Tanaman Hidroponik Binaan DKP Kota Tangerang Siap Panen yang Keempat

DKP Kota Tangerang Bakal Panen Tanaman Hidroponik

0 7

Tangerang, JagadBanten-Tanaman hidroponik warga yang mendapat pembinaan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang bulan ini siap panen yang keempat kalinya.

Program tanaman hidroponik dibuka Agustus 2019 lalu dan sudah panen sebanyak tiga kali. Tanaman hidroponik tersebar di 12 kelurahan, dua titik di UPT, dan empat titik lagi di kantor dinas.

Jenis tanaman hidroponik yang sudah panen itu dari jenis sayur-sayuran. Selanjutnya akan digagas untuk tanaman buah-buahan, tanaman obat-obatan, dan tanaman hias.

Di lokasi tanaman hidroponik yang juga dijadikan kampung Tematik itu, warga dilatih teknik budidaya sayuran secara hidroponik.Mereka membuat tanaman secara sederhana dan hasilnya bisa dijual.

Solikhin Priyadi, Kasi Produksi Pertanian pada DKP Kota Tangerang mengatakan, bahwa pertengahan Desember ini tanaman-tanaman hidroponik yang ada di kampung Tematik siap panen. “Bila ini sukses maka panen yang keempat kalinya,” katanya, Kamis (12/12).

Ia menyebutkan tanaman yang siap panen itu seperti sayuran Sam Hong, Pak Coi, Kang Kung, dan Bayam Batk. Sayuran ditanaman hidroponik ini cepat tumbuh lantaran adanya pemberian nutrisi.

Ia juga mengatakan, tanaman hidroponik ini merupakan tanaman yang sehat. Penanamannya tidak membutuhkan lahan yang luas

Terpisah, Kabid Pertanian DKP Kota Tangerang drh Ibnu Ariefyanto mengharapkan warga lebih semangat lagi dalam membangun tanaman hidroponik. Menurutnya, Pemkot Tangerang melalui DKP terus mendukung. Karena bila diseriusi kegiatan ini menambah perekonomian keluarga.”Kami berharap setiap kegiatan pertanian ini memiliki nilai ekonomi,” katanya.(wanbo)

Loading...