Karang Taruna Kelurahan Pinang Ciptakan Alat Semprot Cairan Disinfektan 

0 116
TANGERANG – Karang Taruna Kelurahan Pinang Kecamatan Pinang Kota Tangerang berhasil membuat alat penyemprotan disinfektan.
Inovasi dari para remaja ini diyakini sebagai tambahan “senjata” untuk membasmi virus Corona yang lagi mewabah.
Alat penyemprot ini dibuat dari sejumlah komponen penyemprot yang ada di pabrik. Kemudian anggota karang taruna yang memiliki keterampilan di bidang listrik menciptakannya. “Sehingga penyemprot disinfektan ini bersumber dari tenaga listrik,” kata Raffi Iqbal, Ketua Karang Taruna Kelurahan Pinang, ketika uji coba penyemprotan alatnya, Sabtu (4/4/2020).
Raffi menceritakan, bahwa yang membuat Andri, bahan-bahan alat ini dari derigen, selang, kran penyemprot, aki motor bekas, dan roda dari koper yang sudah rusak.
Ia menjelaskan, penggunaan aki adalah sebagai tenaga listrik untuk menyemprotkan cairan disinfektan dari derigen melalui selang dan kran. Sementara roda untuk memudahkan perpindahan alat ke lokasi penyemprotan.
Karang Taruna
Unsur OKP sedang melakukan penyemprotan cairan disinfektan dengan alat penyemprot yang diciptakan KarangTaruna Kelurahan Pinang.(Andry)

Menurutnya, dengan membuat alat semprot sendiri relatif lebih murah ketimbang membeli alat semprot buatan pabrik. “Satu unit alat ini menghabiskan biaya Rp 300 ribu,” terangnya.

Saat ini alat penyemprot cairan disinfektan sudah ada beberapa unit yang diproduksi. Selain itu sudah dimanfaatkan dalam penyemprotan di lokasi kelurahan-kelurahan.

 

Misalnya mereka yang telah memanfaatkan karya kreatif remaja karang taruna ini para OKP dan PMI Kecamatan Pinang.

Raffi berharap alat penyemprotan disinfektan ini bisa lebih bermanfaat. Terutama dalam membantu pencegahan virus Corona.”Kalau ada yang berminat, kami bisa buatkan,” katanya sedikit berpromosi.(Andry)
Loading...