Stok Darah Menipis, Karang Taruna Karawaci Bantu PMI Gelar Donor Darah

0 33
TANGERANG- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menggelar donor darah dengan dibantu Karang Taruna Kecamatan Karawaci, Senin (6/4/2020).
Kegiatan untuk menambah stok darah PMI Kota Tangerang itu dilakukan di kantor sekertariat Karang Taruna Kecamatan Karawaci Gang Mawar Kelurahan Koang Jaya.
Warga yang mengikuti donor darah nampak antusias kendati menuju lokasi diguyur hujan.Sebanyak 21 orang berhasil mendonorkan darahnya setelah lolos tes kesehatan.
Ketua Karang Taruna Kecamatan Karawaci Wawan Mulyawan mengatakan, donor ini bertujuan membantu ketersediaan darah PMI Kota Tangerang yang mulai menipis. Kegiatan juga dibantu seluruh karang taruna kelurahan se-Kecamatan Karawaci. “Jadi mereka ikut mensosialisasikan,” katanya.
Wawan yang akrab disapa Anang ini menjelaskan, kegiatan donor juga bagian program karang taruna. Karena itu sosialisasi donor darah pihaknya  dibarengi sosialisasi pencegahan penyakit Corona di masyarakat
Sekjen Karang Taruna Kecamatan Karawaci Muhamad Harisudin mengatakan, bakti sosial ini bentuk kepedulian karang taruna dan warga yang mendonorkan darahnya. “Kami harap kegiatan ini terus kontinyu,”  ujarnya.
Ketua Karang Taruna Koang Jaya Saeful Bahri menambahkan, bahwa dirinya dan seluruh karang taruna kelurahan kompak membantu donor darah. Ini lantaran stok darah di PMI mulai habis.
Karang Taruna
Pengurus Karang Taruna Kecamatan Karawaci dan kelurahan saat mendampingi warga yang melakukan donor darah.(wanbo)

Minarni, salah satu warga mengaku tidak khawatir mendonorkan darahnya di tengah pandemi Corona. Menurutnya, kondisi masyarakat sedang sulit ini sebaiknya saling membantu. “Saya ingin bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Sementara, Burhan, staf Perekrutan Pelestarian Donor Darah Sukarela PMI Kota Tangrarang membenarkan stok darah mulai menipis sejak Maret lalu. Ini karena sejak adanya wabah banyak masyarakat takut berdonor. Imbauan pemerintah juga melarang warga untuk hadir di dalam pertemuan. Karena dikhawatirkan ada penularan  “Namun penularan virus Corona bukan karena transfusi darah,” katanya.(wanbo)
Loading...